Rabu, 15 April 2015

BAB II SUMBER DAYA ALAM


2.1       Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah semua kekayaan berupa benda mati maupun benda hidup yang berapa di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

2.2       Penggolongan Sumber Daya Alam
Pada penggolongan sumber daya alam terdapat beberapa macam sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara. Sumber daya alam dapat diklasifikasikan menurut beberapa hal. Berdasarkan bentuk yang dapat dimanfaatkan tersebut maka, sumber daya alam dapat dilihat pengklasifikasiannya sebagai berikut:
a. Sumber daya alam materi, yaitu bila yang dimanfaatkan adalah materi sumber daya alam tersebut seperti siderite dan limonit yang dapat dilebur menjadi besi atau baja.
b. Sumber daya alam hayati, yaitu merupakan sumber daya alam yang berbentuk makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam tumbuhan disebut sumber daya alam nabati, lalu untuk hewan disebut sumber daya alam hewani.
c. Sumber daya alam energi, yaitu merupakan sumber daya alam yang merupakan hasil yang dikeluarkan yang dimanfaatkan oleh manusia, yang terkandung dalam sumber daya alam tersebut.
d. Sumber daya alam ruang, yaitu merupakan sumber daya alam seperti tempat yang diperlukan oleh manusia semasa hidupnya, yang dimana ruang atau tempat yang akan ditempati oleh manusia itu sendiri yang bertujuan untuk melindungi dirinya.
e. Sumber daya alam waktu, yaitu merupakan sumber daya alam yang tidak berdiri sendiri, melainkan hal tersebut terikat dengan pemanfaatan sumber daya alam yang lainnya.

2.3       Pembagian Golongan Sumber Daya Alam
Sumber daya alam dibagi menjadi dua yaitu, sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan juga sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui itu ada, mengapa disebut demikian karena alam mampu mengadakan pembentukan baru dalam waktu relatif cepat, secara reproduksi atau siklus.
perbaruan dengan reproduksi. Hal ini terjadi pada sumber daya alam Hayati, karena hewan dan tumbuhan dapat berkembang biak sehingga jumlahnya selalu bertambah.
Perbaruan dengan adanya siklus. beberapa SDA ,misalnya air dan udara terjadi dalam proses yang melingkar membentuk siklus.
Kedua yaitu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, hal ini terdapat dalam jumlah relatif statis karena tidak ada penambahan atau waktu pembentukan yang lama.
Contoh seperti bahan mineral, batu bara dll. Berdasarkan daya pakai dan nilai konsumtifnya sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini dibagi menjadi dua, yaitu:
Sumber daya yang tidak cepat habis, hal itu diakibatkan karena nilai konsumtifnya kecil.
Sumber daya yang cepat habis, hal itu diakibatkan karena nilai konsumtif barang tersebut relative lebih tinggi.

2.4       JENIS-JENIS DAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM
Pertama sumber daya alam hayati yang terdiri dari sumber daya alam hewani dan nabati. Sumber daya sedimen tersebar di darat dan laut atau perairan. Sumber daya alam nabati di negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Dianugerahi tanah yang subur sehingga tumbuhan dapat tumbuh dengan sempurna di wilayah Indonesia. Wilayah flora di indonesia meliputi hutan tropis, hutan musim, stepa, dan sabana. Sumber daya alam hewani yang pada umumnya wilayah persebaran fauna di Indonesia dibagi 3 wilayah yaitu, wilayah indonesia bagian barat, indonesia bagian tengah, dan indonesia bagian timur.
Ketiganya dibatasi oleh garis wallace dan garis weber. Bagian barat lebih cenderung mengikuti ragam hewan asia, sedangkan bagian timur mengikuti ragam hewan australia. Ciri-ciri khusus hewan indonesia terdapat pada wilayah bagian tengah bumi.
Sumber daya alam bumi dengan hasil seperti minyak bumi berasal dari mikroplankton yang terdapat di danau-danau, teluk-teluk, rawa-rawa dan laut-laut dangkal. Sesudah mati mikroplankton berjatuhan dan mengendap di dasar laut kemudian bercampur dengan sedimen. Akibat tekanan dari lapisan-lapisan atas dan pengaruh panas magma, dan terjadilah proses destilasi hingga terjadi minyak bumi kasar.
Daerah-daerah penghasil minyak bumi di Indonesia adalah pulau jawa seperti di cepu cirebon dan di wonokromo. Pulau sumatera terdapat di palembang dan juga jambi. Pulau Kalimantan yaitu pada pulau tarakan, lalu pulau bunyu dan di kutai. Pulau irian yaitu terdapat pada daerah sorong. Gas alam merupakan campuran beberapa hidrokarbon dengan kadar karbon kecil yang digunakan sebagai bahan baker. Terdapat dua macam gas alam cair yang diperdagangkan, yaitu LNG (liquefied natural gas) dan juga LPG (liquefied petroleum gas). Lalu selanjutnya, batu bara yang terbentuk dari tumbuhan yang tertimbun hingga berada dalam lapisan batu-batuan sediment yang lain. Proses pembentukan batu bara disebut juga inkolent yang terbagi menjadi dua, yaitu prose biokimia dan proses metamorfosis. Daerah tambang batu bara di Indonesia adalah ombilin dekat sawahlunto (Sumatera Barat). Bukit asam dekat tanjung enin (Palembang). Lalu di kalimantan barat, kalimantan tengah, kalimantan timur, kalimantan selatan (Pulau Laut/Sebuku), Jambi, Riau, Aceh dan Papua.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar